Apa Guna Memory Di GPS Tracker

GPS Tracker adalah alat yang difungsikan untuk memantau lokasi suatu kendaraan dengan bantuan kecanggihan teknologi satelit GPS dan teknologi telepon seluler / GPRS (liat bagaimana GPS Tracker bekerja).

Karena GPS Tracker mengandalkan signal GPS dan juga signal telepon selular, maka jika salah satu dari kedua signal tersebut tidak berfungsi dengan baik karena terhalang maka GPS Tracker tidak akan dapat menjalankan tugasnya mengirimkan lokasi ke server sehingga pengguna GPS Tracker tidak akan dapat mengetahui keberadaan kendaraannya sampai GPS Tracker mendapatkan kembali signal GPS dan GPRS.

Guna memperkecil resiko gagal fungsi yang dialami oleh GPS Tracker dalam mengirimkan posisinya, para ahli dari pabrikan GPS Tracker mulai menempatkan perangkat penyimpanan / memory internal pada GPS Tracker.

Memory internal  ini berfungsi untuk  menyimpan seluruh data yang diterima oleh GPS Tracker dari Satelit GPS yaitu  lintang, bujur serta hasil dari sensor yang berada di GPS Tracker itu sendiri selama GPS Tracker kehilangan signal GPRS.

Dengan disimpannya data – data penting tersebut, maka jika GPS Tracker kembali menangkap signal GPRS maka selurh data tersebut akan tetap dapat dikirimkan ke server. Sehingga posisi kendaraan tetap dapat ditampilkan dalam GPS Tracker System. Meskipun data yang ditampilkan memang tidak up to date namun  berarti resiko sama sekali kehilangan informasi tentang kendaraan dapat diminimalkan. Oleh karena itu keberadaan memory internal pada GPS Tracker sangatlah penting.

Saat ini GPS Tracker yang menggunakan memory internal  sebagai fitur utama hanyalah GPS Tracker kelas premium. Seperti halnya yang digunakan oleh SISTrack.

GPS Tracker SISTrack memiliki 8 Mb memory internal yang dapat menyimpan sekitar 2.880 interval data. Bahkan untuk GPS Tracker jenis DHS600 selain 8 Mb internal memory dapat juga ditambahkan external memory.

Jadi dengan adanya memory pada GPS Tracker SISTrack para pelanggan tidak perlu cemas tidak dapat melacak kendaraannya karena tidak adanya signal GPRS. Pelanggan cukup login ke GPS Tracking System SISTrack lalu dapat menggunakan fitur “Replay” agar dapat tetap memantau keberadaan kendaraannya saat tidak ada signal GPRS. Fitur ini akan menampilkan semua perjalanan kendaraan bahkan saat signal GPRS tidak ada.

 

 

 

 

 

Share